Frequently Asked Question

1. Apakah PT. Milko Beverage Industry?

Jawab

PT. Milko Beverage Industry adalah industri susu yang kepemilikannya 100% dimilik oleh pemodal dalam negeri. Berdiri dan mulai beroperasi secara komersial pada bulan Oktober 2005, PT. Milko Beverage Industry memiliki idealisme untuk memproduksi produk-produk susu yang menyehatkan dengan harga terjangkau.

Visi Misi PT. MBI adalah untuk menjadi produsen minuman susu yang utama    di Indonesia, dan menghasilkan produk-produk susu yang berkualitas, inovatif, kompetitif dan memberikan nilai tambah bagi konsumen. Oleh karena itu PT. MBI dilengkapi dengan sarana produksi yang andal dan dijalankan oleh sumber daya manusia yang profesional di bidangnya.

PT. MBI juga telah mendapatkan sertifikat ISO 22000-2005 untuk Sistem Jaminan Keamanan Pangan dari SAI Global, serta sertifikat Sistem Jaminan Halal dari Majelis Ulama Indonesia.


2. Dimanakah letak pabrik PT. Milko Beverage Industry?

Jawab

PT. MBI Terletak di Jl. Raya HRE Sukma km 15 no. 3, Desa Ciherang Pondok, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, di pinggir Jl Raya Bogor - Sukabumi. Lokasi ini sangat strategis karena berada di kaki gunung Salak yang sejuk, bersih dan bebas polusi. Selain itu daerah ini juga dekat dengan sumber bahan baku susu segar dan air bersih yang berkualitas tinggi yang digunakan sebagai bahan baku utama minuman susu.


3. Apa saja produk yang dihasilkan PT Milko Beverage Industry?

Jawab

Produk yang dihasilkan PT. MBI saat ini adalah :

- Susu Steril Milky Day dalam kemasan siap minum botol 140 ml. Terdiri dari 4 rasa; coklat, stroberi, vanila dan melon dengan harga eceran Rp. 1.800 - Rp 2.000 per botol

- Minuman Susu Steril Milky Moo dalam kemasan siap minum botol 80 ml dan 120 ml. Terdiri dari 4 rasa ; coklat dark, coklat swiss, coklat malt dan stroberi, dengan harga eceran Rp 1.000 (80 ml) dan Rp. 1.500 (120 ml)

- Minuman Susu Asam (Acidified) Milky Moo dalam kemasan botol siap minum 80 ml. Terdiri dari 4 rasa buah-buahan ; anggur, jeruk, mangga dan stroberi dengan harga Rp. 1.000 per botol.

 

4. Apakah botol yang digunakan untuk produk-produk Milko aman bagi kesehatan?

Jawab

Botol yang digunakan oleh Milko adalah dari jenis HDPE (High Density Polyetilene). Berdasarkan kategori Badan Pengawas Obat dan Makanan serta Society of the Plastic Industry (SPI), HDPE adalah jenis plastik yang paling aman untuk makanan dan minuman.

Secara internasional, logo untuk plastik HDPE adalah

bisa dilihat di bagian bawah botol.

 

5. Apakah Milko memilki peternakan sapi sendiri?

Jawab

PT MBI belum memilki peternakan sapi sendiri, tetapi bekerjasama dengan peternakan di Sukabumi dan Lembang melalui KUD-KUD. Fungsi KUD ini adalah sebagai penghubung antara peternak rakyat dengan industri agar harga susu segar dan kualitas tetap terjaga.


6. Berapa lama umur produk?

Jawab

Umur produk-produk yang dihasilkan PT. MBI adalah 9 bulan dari tanggal produksi untuk Milky Day dan Milky Moo susu, sedangkan untuk Acidified milk adalah 7 bulan dari tanggal produksi. Kode Kadaluarsa dapat dilihat di samping botol.

 

7. Apakah produk-produk Milko menggunakan bahan pengawet?

Jawab

Produk-produk PT MBI tidak menggunakan bahan pengawet. Umur simpan yang lama (9 bulan dan 7 bulan) disebabkan oleh teknologi proses sterilisasi yang membunuh semua bakteri penyebab penyakit dan kebusukan. Selama kemasan (botol dan tutupnya) tidak bocor, produk-produk Milko akan tetap dalam kondisi steril dan aman dikonsumsi sampai masa kadaluarsanya habis. Apabila ada kebocoran di kemasan, meskipun bocor yang sangat kecil (seujung jarum) sudah bisa membuat bakteri dari udara luar masuk dan mencemari produk yang bisa mengakibatkan kerusakan produk.


8. Apakah ciri-ciri produk yang sudah rusak dan tidak layak dikonsumsi?

Jawab

Kerusakan produk susu steril secara umum dibagi menjadi 2 kategori, yaitu :

- kerusakan yang masih aman dikonsumsi. Artinya, produk secara penampakan tidak sempurna tetapi masih aman dikonsumsi karena tidak tercemari oleh bakteri, bahan kimia atau benda asing lainnya. Contoh kerusakan yang aman dikonsumsi misalnya : botol penyok, tutup lecet (tidak bocor), ada endapan coklat/putih di bagian bawah botol, ada lapisan seperti cincin putih di bagian atas produk.

- Kerusakan yang tidak aman dikonsumsi. Artinya produk mengalami pencemaran baik dari bakteri, bahan kimia atau benda asing lainnya. Contoh kerusakan yang tidak aman dikonsumsi misalnya : tutup botol kembung, warna produk lebih pucat dari biasanya, atau bahkan pudar sama sekali (stroberi yang warnanya pink menjadi putih), penampakan susu menggumpal seperti santan pecah, susu memisah antara cairan dan padatan, aroma dan rasa susu berubah menjadi asam, busuk atau pahit. Kerusakan yang tidak aman dikonsumsi ini biasanya disebabkan oleh adanya kebocoran dari kemasan, oleh karena itu sifatnya individual.

 

Visitor

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter